Kamis, 11 April 2013

Cara Menghilangkan Jerawat Alami

Terjadinya jerawat akibat aktifnya kelenjar minyak dibawah kulit. Keaktifan ini dirangsang oleh hormon androgen (hormon pertumbuhan) yang meningkat saat seseorang dalam masa pubertas. Jerawat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain kebiasaan makan yang kurang baik, seperti mengonsumsi makanan berlemak dan pedas serta minum-minuman yang mengandung alkohol. Cara menghilangkan jerawat alami adalah salah satu jalan yang baik untuk menghilangkan jerawat.
cara menghilangkan jerawat 2 300x199 Cara Menghilangkan Jerawat Alami
Jerawat memang sangat menjengkelkan karena sangat menganggu penampilan. Belum lagi rasanya yang gatal dan nyeri. Jerawat memiliki ukuran yang kecil, berupa tonjolan dipermukaan kulit wajah dan berwarna kemerahan. Jerawat terjadi akibat penumpukan kelebihan minyak yang menyumbat pori-pori dan terkontaminasi bakteri. Hal ini lebih sering terjadi pada wajah yang berpori-pori besar. Beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat antara lain :
  • Stres
  • Keturunan dari orangtua
  • Aktivitas hormon
  • Kelenjar minyak yang berlebihan
  • Bakteri di pori-pori kulit
  • Iritasi kulit atau karena digaruk
Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis, yaitu dengan hanya mengiris daun jeruk nipis tersebut dengan tipis dan menggosokannya pada wajah yang berjerawat.
Cara lain menghilangkan jerawat adalah setengah siung bawang putih, kunyit sebesar ibu jari, dan sebutir kentang ukuran sedang, bisa pula ditambahkan mentimun dan lidah buaya. Semua bahan diparut menggunakan parut yang sudah dilapisi plastik untuk mengurangi air yang keluar. Hasil parutan dicampur hingga merata, selanjutnya digunakan untuk masker selama setenagh jam. Pemakaian sebaiknya dihentikan jika kulit sudah terasa panas akibat bawang putih. Setelah itu dibilas dengan air hangat dan disusul dengan air dingin.
Untuk cara menghilangkan jerawat alami, umbi kentang dikupas, cicuci, dan diiris-iris. Bagian muka yang berjerawat dibersihkan, kemudian ditempeli dengan irisan kentang dan dibiarkan hingga warna kentang menjadi kelabu. Terapi tersebut diulang menurut kebutuhan.

Tips Menghilangkan Komedo Penyebab Jerawat

Wajah halus saja tidak cukup, jika komedo masih berkumpul dan menutupi pori-pori. Kotoran penyumbat pori-pori ini berbentuk kecil, berwarna hitam atau putih. Dengan adanya komedo, wajah halus tampak terlihat kotor dan kusam. Komedo timbul akibat dari terjadinya penumpukan minyak yang terlalu berlebih, serta sel kulit mati. Waktu membersihkan wajah, komedo sering terabaikan.
Biasanya, komedo timbul di area T seperti : dahi, hidung,dan dagu, juga di bawah mata dan pipi. Jangan dengan cara memencet komedo untuk menghilangkannya, karena akan terjadi merangsangnya jerawat bernanah yang akan memperparah kondisi wajah, bahkan bisa menimbulkan infeksi.
Komedo terbagi 2 macam jenis, diantaranya adalah :
1. Blackhead (komedo terbuka), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo ini berwarana kehitaman karena teroksidasi oleh udara.
2. Whitehead (komedo tertutup), berada di balik lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak, terlihat seperti benjolan kecil-kecil dibawah kulit.
Berikut tips-tips untuk menghilangkan komedo, diantaranya adalah :
1. Terlebih dahulu kenali jenis kulit anda
Biasanya, komedo mudah timbul pada kulit wajah yang berminyak. Dengan terlebih dahulu mengenali jenis kulit anda, maka akan memudahkan anda untuk memilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan kulit wajah.
2. Pilih Pembersih yang Tepat
Pembersih yang tepat dapat menjadikan wajah bersih berkilau, segar, dan kenyal. Beri jangka waktu sebulan untuk mengetes efektivitas pembersih yang anda pakai.
3. Pilih Pelembab yang Cocok
Bagi yang mempunyai kulit normal dan berminyak, pakailah pelembab oil free. Sebenarnya, tubuh mempunyai sistem alami yang bisa mengatur kelembapan kulit.
4. Jauhkan Produk Comedogenic
Produk lain yang bisa menyebabkan timbulnya komedo adalah susu pembersih, tabir surya, alas bedak, bedak padat, sampo berbahan ginseng, dan conditioner. Perlu diketahui, bedak padat adalah produk yang memiliki kandungan zat comedogenic paling tinggi. Penggunaan bedak terlalu lama, tak hanya komedo, tapi juga menyebabkan timbulnya jerawat.
5. Gaya Hidup Sehat dan Cukup Gizi.
Istirahat dan tidur yang cukup, hindari hidup stress. Pada waktu keadaan tubuh menurun, kuman-kuman mudah menyerang tubuh.
6. Facial
Facial menjadi salah satu metode untuk menghilangkan komedo secara tuntas dan tepat. Facial dilakukan secara berkala, dan setelah masa datang bulan. Hal ini agar mengindari terjadinya perubahan hormon dan kelenjar semasa haid, yang memproduksi minyak lebih over
7. Diet
Batasi makan-makanan seperti cokelat, susu cokelat, durian, kacang tanah, telur, kacang mete, keju, mangga matang, alpukat, kerang, krim bubuk, segala jenis susu (full cream, low, atau non fat ), gorengan, santan, dan daging berlemak
8. Ke Dokter Kulit
Jika ingin segera menghilangkannya pergi ke dokter kulit. Biasanya, dokter akan memberi saran untuk facial dan memberikan obat tertentu. Jika sudah banyak komedo, dokter akan memakai bantuan teknologi laser.
Berikut ini adalah cara untuk mengangkat komedo, diantranya adalah :
1. Memakai Putih Telur
Ambil sedikit putih telur, taruh di wadah, kocok hingga berbusa. Lalu oleskan disekitar hidung atau bagian wajah yang berkomedo. Tutup dengan tisu. Biarkan hingga benar-benar kering. Lepaskan tisu secara perlahan. Dibagian dalam tisu, maka akan tampak bintik-bintik komedo yang terangkat.
2. Scrub Sayur dan Masker Kacang
- Blender selembar daun kailan, selembar daun seledri, setengah buah apel, gabungkan perasan jeruk lemon. Usapkan dan pijat lembut wajah dengan scrub sayur ini, lalu cuci.
- Uapi wajah dengan air panas yang telah diberi 1 sdm garam. Biarkan 10 menit. Uapi garam akan membuka pori-pori, memperlebar pembuluh darah kapiler dibawah kulit dan memperlancar peredaran darah ke kulit.
- Gabung sari kacang kedelai dan kacang polong, pakai sebagai masker, diamkan 30 menit, cuci. Pakai beberapa kali.


Tips Menghilangkan Jerawat di Wajah

Wajah adalah bagian tubuh  yang paling menarik bagi setiap insan, baik laki-laki maupun perempuan. Karena dalam setiap penilaian seseorang yang utama adalah penampilan di wajah yang utama. Maka jagalah wajah anda agar selalu bersih, putih dan tidak kotor. Saat waktu munculnya jerawat seringkali terganggu dengan keberadaannya. Terutama bagi para perempuan yang sangat memperhatikan penampilannya.
Jerawat akan timbul pada saat beranjak dewasa atau pada saat usia remaja. Terdapat banyak remaja yang sering muncul jerawat di bagian pipi, dahi, hidung, telinga bahkan ada juga yang berkembang di dada ataupun punggung. Seringkali membuat tidak percaya diri, bete, kesal dengan adanya jerawat pada wajah kita. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Ada 2 cara untuk menghilangkan jerawat yaitu dengan cara alami atau bahan kimia.
Berikut cara menghilangkan jerawat secara alami, diantaranya adalah :
1. Cucilah muka 2 kali sehari
Tips menghilangkan jerawat dengan cara cucilah wajah 2 kali sehari. Mencuci muka 2 kali sehari akan berguna untuk menghilangkan minyak yang di permukaan kulit kita. Bila anda tidak rutin membersihkannya, maka bakteri penyebab jerawat akan tumbuh subur di wajah kita. Jangan mencuci muka dengan menggosok wajah secara berlebihan karena akan membuat meningkatkan produksi minyak sobaceous yang bisa menimbulkan masalah kulit pada wajah. Cucilah wajah anda 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.
2. Gunakanlah kosmetik/make up sesuai dengan jenis kulit anda
Bila kulit wajah anda berminyak pakailah kosmetik untuk kulit yang berminyak, bila kosmetik/make up yang anda gunakan tidak sesuai dengan jenis kulit anda maka jerawat akan segera muncul di kulit wajah anda. Jadi berhati-hatilah dalam menggunakan kosmetik atau make up
3. Hindari kosmetik yang berminyak.
Secara alami wajah akan memproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi hindarilah menggunakan kosmetik yang terlalu over karena minyak dan debu akan membuat media bakteri penyebab jerawat untuk berkumpul di wajah.
4. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk yang bersih setelah cuci muka atau mandi, karena bakteri suka dengan ruangan lembab dan hangat.
5. Meminum air putih 2 liter sehari, karena dengan meminum air putih minimal 2 liter sehari dapat bermanfaat kulit kita akan selalu fit dan sehat
6. Memakai Pelembab Kulit
Memakai pelembab akan berfungsi menyehatkan kulit, terutama bagi kulit kering dan pecah-pecah. Namun pelembab yang digunakan bukan pelembab yang berminyak, gunakan kosmetik yang berbahan dasar air.
7. Pastikan selalu kulit wajah anda bersih sebelum tidur agar kulit bergenerasi dengan baik.
8. Rajin mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan
Didalam sayur-sayuran banyak mengandung vitamin yang menyehatkan kulit. Perbanyaklah konsumsi sayur atau buah, terutama buah dan sayur yang mengandung vitamin E. Jika kulit sehat, maka jerawat akan sulit timbul dan berkembang
9. Tidur dengan teratur dan cukup
Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena pada waktu tidur, kulit akan bergenerasi dan membunuh racun-racun yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kembali fit dan segar.

Tips Menghilangkan Noda Hitam Bekas jerawat

Wajah adalah bagian yang tak lepas dari jerawat dan flek. Terkadang tak sedikit jerawat meninggalkan noda seperti flek hitam. Sehingga para perempuan dan para pria menjadi tidak percaya diri dengan penampilannya karena flek hitam yang penuh diwajahnya. Pada umumnya para remaja perempuan dan pria mendambakan kulit wajah yang bersih dan bebas dari flek hitam dan jerawat.
Berikut tips-tips untuk menghilangkan noda hitam di wajah, diantaranya adalah :
1. Cara pertama ambil sedikit asam jawa + beberapa cm kunyit. Kunyit ditumbuk, campurkan dengan asam jawa dan sedikit air. Setelah rata, oleskan sebagai masker ke wajah. Biarkan selama 20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.
Cara kedua gabungkan air jeruk nipis (lokal) dengan 1 sendok minyak masak. Oleskan ke seluruh wajah sebelum tidur. Paginya, ambil asam gelugur atau asam jawa dan rendam dalam air panas. Setelah air menjadi suam – suam kuku. Cuci wajah anda dengan menggunakan air tersebut, asamnya digosok-gosokan ke bagian yang berjerawat atau yang berbekas jerawat. Diamkan beberapa menit, lalu cuci dengan air biasa
2. Menghilangkan flek dari permukaan wajah, tidaklah mudah karena membutuhkan perawatan rajin agar flek hilang dan tak timbul kembali . Banyak metode yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek, mulai dari menggunakan masker hingga pemakaian krim pemutih yang berfungsi mencerahkan kulit wajah. Pakailah krim pemutih yang mengandung SPF 20 dengan kandungan ekstrak licorice menyejukkan dan dikenal atas kandungan pencerahnya, ekstrak rumex, senyawa yang memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi melambatkan proses melanin dan mengurangi bintik hitam dan meratakan warna kulit.
3. Menggunakan sarerang kawung yang bisa di dapat ditukang rampe yang menjual seperti kendi, gentong. Sarerang kawung berbentuk pasir yang cukup halus berwarna abu-abu seperti semen. Cara memakainya mudah, hanya mengoleskan pada bagian flek hitam setiap hari sebelum tidur secara rajin. Butuh waktu lama bahkan berbulan-bulan untuk dapat perubahan. Selain menghilangkan flek hitam sarerang kawung juga dapat menghambat produksi jerawat. Minyak yang terlalu over pada kulit dapat diserap oleh sarerang kawung.
4. Gabungkan bedak dingin dengan air garam dan air asam jawa. Oleskan ke wajah bagian yang berjerawat
5. Bersihkan wajah. Bilas dengan air kelapa tua. Setelah kering sendiri, cuci dengan air bersih.
6. Ambil sedikit kanji nasi. Oleskan ke jerawat, dan diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat.
7. Cuci wajah dengan menggunakan air basuhan beras. Setelah kering cuci dengan air bersih.
8. Campurkan putih telur + 1 sendok tepung jagung + minyak zaitun aduk rata. Pakailah sebagai masker.
9. Larutkan tepung kanji dengan air. Oleskan disekitar bagian yang berjerawat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar